Embriologi Veteriner | Fase-fase dan pengertian Gametogenesis

Gametogenesis pada hewan
Gametogenesis pada hewan
   
     Gametogenesis adalah proses diploid dan haploid yang mengalami pembelahan sel dan diferensiasi untuk membentuk gamet haploid dewasa. Tergantung dari siklus hidup biologis organisme, gametogenesis dapat terjadi pada pembelahan meiosis gametosit diploid menjadi berbagai gamet atau pada pembelahan mitosis sel gametogen haploid.



Gametogensis dibagi  menjadi 3 fase:



1.Fase perbanyakan (multiplication)
     Oogonia/spermatogonia membelah, memperbanyak diri, yang makin lama makin tua dan akhirnya berhenti membelah. Selama fase ini setiap gambaran mitosis menunjukkan jumlah kromosom yang diploid.

2.Fase pertumbuhan (growth)
 Berlangsung setelah pembelahan sel-sel terhenti dan transformasi (perubahan bentuk) spermatogonia/oogonia oleh pertumbuhan menjadi spermatocyt I (berasal dari spermatogonia) atau spermatocyt primer dan oocyt I (berasal dari oogonia) atau oocyt primer. Di dalam pembetukan oocyt, perubahan ini disebabkan atau disertai oleh akumulasi yolk di dalam cytoplasmanya.

3.Fase pemasakan (maturation)
     Dalam spermatogenesis di dalam testis tiap spermatocyt I membelah sekali membentuk 2 sel yang disebut spermatocyt II (sekunder), dan kemudian masing-masing spermatocyt II membelah lagi hingga dari 2 sel ini terbentuk 4 sel yang disebut spermatid. Spermatid ini serupa besarnya dan masing-masing akan mengalami meta-morfologis menjadi spermatozoon. Di dalam fase ini pembelahan selnya bukan mitosis melainkan meisosis atau pembelahan reduksi.

Meiosis I : Spermatocyt I → Spermatocyt II, yang masing-masing berkromosom monoploid (haploid)


Meiosis II : Spermatocyt II → Spermatid, masing-masing berkromosom monoploid (haploid)


Gametogenesis meliputi spermatogenesis dan oogenesis. Spermatogenesis merupakan pembentukan sel kelamin jantan sedangkan oogenesis merupakan pembentukan sel kelamin betina (inti sel telur/ovum). Gametogenesis melibatkan proses pembelahan sel mitosis dan meiosis.

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Gametogenesis
Baca selengkapnya >>>

Perbedaan antara pemain DOTA dari Indonesia dengan Luar Negeri (menurut saya)


dota
Game Dota
Abstrak: Mungkin game ini sudah tidak asing lagi bagi para gamers, terutama bagi sebagian orang yang suka game RPG pasti sudah mengenal game ini "DOTA". Sekarang ini dota sendiri terdiri dari DOTA1 (Warcraft / Frozen Thorne) dan DOTA2 (Valve). Dari segi permainan keduanya memiliki target yang sama, yaitu menghancurkan / meruntuhkan bangunan markas musuh atau tower. Yang menarik dari permainan ini ialah kerjasama tim dalam melakukan pola penyerangan dan pertahanan, pemilihan hero yang tepat (sangat berpengaruh di captain mode), dan juga strategi dan taktik yang jitu.
    
dota2
Dota2
     Di Indonesia sendiri, permainan ini telah lama diketahui dan dikenal dengan DOTA1, kemudian menyusul belakangan ini DOTA2 dengan kualitas grafik yang lebih mumpuni (3D). Karena sekarang masih banyak yang main DOTA (Dota1 dan Dota2), saya masih bisa mengamati gaya permainan player (pe-Dota), yang akan saya bahas kali ini perbedaan gaya permainan antara pemain Dota Indonesia dengan pemain Dota Luar Negeri, tetapi menurut pendapat saya... Jadi "fun" aja ya :)
     Mari kita bahas perbedaannya dari yang pertama, yaitu:


1. Pemain Dota asal Indonesia biasanya lebih "kejam" dibandingkan pemain Dota Luar negeri. 

       Maksudnya ialah bahwa pemain dota Indonesia biasanya sangat haus akan "kill", yaitu banyak membunuh hero lawan. Saya sering lihat diserver dota lokal (Indonesia) banyak kill, death, dan assist dibanding di luar negeri. Biasanya kalau sudah kalah hero diserver Indonesia pasti ditunggu didepan fountain (benar-benar menyiksa tuh, terlebih jika yang menunggu Sniper sama Pudge). Saya pernah lihat juga, diserver lokal ada juga yang melakukan semacam "GB kill", maksudnya ialah kill hero yang sudah leave, bahkan sampai beberapa puluh kali gb kill dan membuat akun penggunanya bisa dibanned. Di luar negeri sendiri pastinya juga ada yang seperti itu, tetapi sepanjang yang saya lihat banyak pemain luar yang tidak begitu banyak kill, tetapi langsung secepatnya menghancurkan tower musuh (langsung ke target).


2. Pemain Dota Indonesia banyak yang pick hero Killer (Carry), sedangkan pemain luar negeri biasanya banyak pick Intellegent (Support).

        Kalau yang ini jangan ditanya, soalnya biasanya banyak yang suka dengan menjadi killer di game dota kayaknya faktor di Indonesia banyak yang mengejar Stats dotanya sih !sd. Banyak Killer jadinya dari itu sedikit yang pick support, disamping itu kalau si support tidak membuat teman carrynya jadi, bisa di bully tuh :(. Tetapi kalau di luar saya lihat biasanya pick carry cuma 1, atau 2 dan benar-benar dilindungi oleh support yang biasanya cuma jalan-jalan (roaming) saja.


3. Pemain Dota Indonesia kebanyakan pilih hero yang 1 vs 1, dibandingkan pemain luar yang lebih banyak memilih skill support (not only one target, but area).

      Yang ini juga bisa menjadi perdebatan nih, soalnya tidak semuanya begitu, tetapi biasanya tim yang mempunyai skill area mendominasi saat war, yaitu ada hero Intiator (yang menurut saya sendiri masuk ke golongan hero support penyerangan). 



4. Pemain Dota Indonesia biasanya berebut "last hit" creep maupun neutral creep.

      Mungkin yang ini hanya beberapa saja, soalnya cuma jarang-jarang yang begitu. Tetapi ada benarnya juga sih soalnya banyak yang pick hero killer, jadinya memang semuanya butuh farming... :)

5. Biasanya pemain dota Indonesia "pelit" beli ward (Observer ward dan Sentry ward) dibanding pemain luar yang biasanya diawal permainan sebelum mulai sudah pasang ward.
      Ini dia yang penting dari dota, jika tidak pasang ward kasihan tuh sih carry yang biasanya terkena "bokong" atau gank dari ganker musuh yang pastinya bikin ga jadi-jadi. Mungkin banyak player dota Indonesia yang males beli ward karena kebanyakan pick carry jadi males jadi supportnya.

7. Pemain dota Indonesia biasanya menggunakan "maphack"(Oknum tertentu), sedangkan luar negeri ???.
      Ini yang jadi perdebatan dikalangan server lokal, terlebih yang memberikan ID secara cuma-cuma, biasanya banyak yang melakukan ini. Kalau sudah seperti ini susah tuh untuk ngebokong, walaupun tidak pasang ward.

     Itulah perbedaan antara pe-dota lokal dengan pe-dota luar negeri yang berhasil saya lihat berdasarkan pengamatan diserver lokal maupun menonton replay-replay di youtube, terutama replay Dota World Championship yang keren-keren. Mungkin ada yang mau menambahkan atau mengurangi, bisa komentar dikolom yang disediakan. Terimakasih... :)

Tambahan perbedaan:

8. Biasanya pemain Dota dari Indonesia kalau main omongannya tidak sebanding dengan skill yang ditunjukkan.
      Ini juga sering terjadi, soalnya banyak yang seperti itu sehingga regenerasi dota di Indonesia agak payah. Yang baru main aja sudah dibully sama orang-orang yang omongannya langsung "mengancam" dan jadinya tidak mau lanjut lagi. Dari Newbie jadinya Noob :( bukannya jadi Pro :)


Ok, makasih tambahannya ya yang komentar... Tambahan yang ditambahkan akan saya edit dan dirubah-rubah tetapi tidak menghilangkaan maknanya kok... :)
Baca selengkapnya >>>

Makna Hari Ibu Nasional 22 Desember

Hari Ibu
Animasi Hari Ibu
         Bicara tentang hari ini, pasti bagi sebagian orang sudah tahu dan sebagian juga belum tahu. Pada hari ini, tepatnya tanggal 22 Desember 2014 merupakan hari Senin... memang benar hari senin, tetapi ada hari yang spesial dihari senin ini, yaitu: Hari Ibu Nasional. #HariIbu

     Bicara tentang hari ibu, pasti bagi sebagian orang merupakan hari dimana kita bisa menunjukkan rasah kasih sayang kepada orang tua kita, khususnya ibu kita. Pernahkah anda dengar ada pepatah tentang Surga di bawah telapak kaki Ibu? Kalau pernah, berarti anda pasti sudah tau maknanya, yaitu menggambarkan keagungan seorang ibu dan mewajibkan seorang anak untuk selalu berbakti pada ibu atas jasa-jasanya yang telah memelihara kita sejak dalam kandungan hingga menjadi manusia seperti saat ini. Namun belakangan ini saya sering mendengar kasus anak yang melakukan dosa ke Ibunya sampai-sampai masuk dimedia massa, diantaranya kasusnya mirip seperti cerita rakyat Malin Kundang. Ironis jika kita melihat anak-anak sampai berbuat seperti itu, padahal terhadap ibu kandungnya sendiri. Dimana rasa terimakasih dari anak, padahal Ibu kita sudah susah payah melahirkan anaknya,  dan saya yakin, bahwa kalian semua yang membaca tulisan ini pasti dilahirkan oleh seorang Ibu kan? Dan kalian semua pasti mempunyai Ibu kan?

     Bicara tentang hari ibu, di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Pada negara lain padahal diperingati bukan pada hari ini (22 Desember) tetapi dihari-hari yang lain, biasanya tergantung sejarahnya masing-masing. Misalnya saja di Jepang dan Amerika Serikat, hari Ibu diperingati setiap pekan kedua bulan Mei. Sementara dinegeri K-pop (Korea Selatan), hari Orang Tua diperingati setiap tanggal 8 Mei. Dengan kata lain, hari ini merupakan hari ibu yang diperingati oleh sebagian penduduk dunia saja, yaitu Indonesia.

terimakasih Ibu
terimakasih Ibu
      Makna hari ibu sendiri bagi setiap orang berbeda-beda, walaupun pada intinya sama yaitu untuk mengucapkan rasa terimakasih kepada ibu yang telah melahirkan kita. Jika kelak besar nanti, kita bisa membalas kebaikan yang diberikan oleh ibu kita. Hari Ibu kalau menurut saya tidak harus diperingati setiap tanggal 22 Desember saja, tetapi bisa diperingati setiap saat jika berpatokan dengan acuan negara lain. Bahkan bisa kita peringati setiap hari maupun setiap saat karena untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada ibu, tidak harus menunggu Hari Ibu. Bagi saya, (yang sedang tidak dirumah) hanya bisa mengucapkan Selamat Hari Ibu dan mendoakannya, Semoga Ibu saya diberikan keselamatan dan juga umur yang panjang. Amin.

Selamat Hari Ibu... tidak ada yang meragukan kasih sayang seorang ibu....
Baca selengkapnya >>>