Mencoba menjadi sosok yang lebih Mandiri



Gambaran diri sendiri
Suatu hal yang membuat menyenangkan bagi saya yaitu mencari hal-hal yang baru. Dari kecil sampai menjadi dewasa seperti sekarang ini, banyak hal-hal baru yang aku dapat. Dari yang tantangannya kecil sampai dengan tantangannya yang ekstrim besar.

Seperti pada saat ini, saya sekarang mendapat tantangan yang begitu besar, yaitu harus beradaptasi dengan masyarakat Bali. Tetapi jujur, bahwa di Bali itu berbeda sekali dengan ditempat aku dilahirkan. Mulai dari kebudayaannya, keseniannya, sampai dengan kulinernya. Masyarakat Bali itu sangat semangat dan patuh terhadap hal yang berkatian dengan keyakinan dan kepercayaan maupun upacara-upacara adat. Di Bali juga terdapat banyak turis-turis asing. Suasananya di Bali sungguh berbeda dengan tempat asalku. Namun aku yakin bahwa yang akan datang saya bisa cepat beradaptasi dengan Masyarakat di Bali

Suatu hal yang bagiku sulit dan menjadi penghalang untuk berbaur dengan masyarakat Bali ialah sifat saya yang begitu pemalu dan pendiam yang sekaligus sebagai kekurangan saya. Karena sifat itulah yang membuat saya sulit mencurahkan gagasan kepada orang lain. Saya menyadari jika sifat tersebut kurang disukai masyarakat tidak hanya masyarakat Bali, tetapi juga masyarakat yang lain, mungkin masyarakat tempat lahir saya juga tidak menyukai hal tersebut. Harapan kedepannya saya harus bisa meninggalkan sifat tersebut dan menumbuhkan dan mengembangkan sifat Percaya Diri.
 
Geografis pulau Bali
Peta Bali
Menjalani hidup baru di Bali merupakan hal yang masih baru bagi saya, karena sebelumnya tidak pernah berada jauh dari keluarga, akan merasakan hal-hal yang baru yang berkaitan dengan kemandirian. Tinggal jauh dari keluarga rasanya sangat sulit untuk pertama kali, tetapi janganlah patah semangat, seperti kata pepatah “Carilah ilmu sampai kenegeri Cina”. Walaupun jauh tetapi yang namanya ilmu harus kita cari dan terapkan dikehidupan kita dengan hal-hal yang positif.
           
Ilmu itu sangat penting dalam kehidupan kita, maka dari itu kita harus cari ilmu dan dapat menjadi bekal kita selanjutnya. Tetapi ilmu saja tidaklah cukup, kita juga harus mempunyai skill yang baik. Seperti pada komputer yang mempunyai hardware dan software, skill juga dibedakan menjadi soft skill dan hard skill. Namun intinya saya harus bisa mendapat ilmu dan skill. Untuk mendapatkan hal tersebut saya harus mengenyam pendidikan. Seperti kata Nelson Mandela bahwa “Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah Dunia”.

Saya sebelumnya menekuni dan suka tentang teknik yaitu mempelajari tentang pembuatan perkakas/suku cadang mesin, maka dari itu sewaktu saya di SMK lebih memilih ke jurusan Teknik Mesin, namun dengan keyakinan yang tinggi saat ini saya ingin mempelajari segala hal yang baru, yaitu tentang hewan. Dan saat ini saya memilih untuk melanjutkan kuliah dijurusan Kedokteran Hewan. Walaupun terlihat tidak ada keterkaitan tetapi dengan kerja keras dan memanjatkan Doa serta kemauan yang mantap, saya harus Bisa!

Untuk memotivasi, maka dari itu saya membuat motto: “Prayer and hardwork to make dreams Come True” yang artinya Doa dan Kerja keras untuk membuat mimpi jadi kenyataan. Tetapi dengan tekad yang kuat walaupun jurusan menyimpang tetapi harus bisa menjalaninya. Seperti saat datang sebuah “problem” masalah, kita harus siap menjalaninya dan mencari solusinya. Demi meraih Cita-cita kita harus melakukan yang terbaik. Semangat Kawan..!

14 komentar:

  1. artikel nya keren dan sangat bermanfaat gan ^_^

    BalasHapus
  2. @s-widodo Makasih nih sob udah komentar. Tulisan post ini itu original dan merupakan contoh tulisan diri sendiri.

    BalasHapus
  3. @Fikry : Makasih gan, udah berkunjung.

    BalasHapus
  4. “Carilah ilmu sampai kenegeri Cina” ini mah Hadist Nabi gan bukan pepatah, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ia, itu Hadist Nabi ya Om. Tetapi ada juga yang bilang itu pepatah.

      Hapus
  5. Blognya bagus, jadi termotivasi! Matur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami, sebenarnya itu hanya cerita tetapi juga mengandung motivasi (walaupun tidak terlalu banyak)

      Hapus
  6. meningkatkan rasa percaya diri bisa dilatih secara bertahap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia Benar, seperti saat kita mau berubah harus dilatih secara bertahap. Kalau bisa secara instan rasanya itu hebat banget.

      Hapus
  7. Ciri orang hebat adalah seseorang yang berani keluar dari zona nyamannya. Selamat kakak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia Benar, yang pasti yang berani ambil resiko. Seperti seorang wirausahawan yang berani mengambil resiko jika ingin maju.

      Hapus
  8. happy blogging sob, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia, happy blogging juga. Ciptakan konten yang berkualitas dan original yang pastinya

      Hapus

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...