Menghijaukan lingkungan demi kepentingan bersama


green and clean
Green and Clean
Hai para pengunjung setia blog ini maupun yang “nyasar” ke blog ini, sebelum membahas tentang judul dari posting ini, saya kan bertanya dahulu kepada anda, ini pertanyaannya:  apakah pendapat anda tentang lingkungan disekitar anda?

Pasti saya yakin bahwa akan banyak sekali jawaban yang bermunculan seperti: menurut saya lingkungan di tempat saya bersih, ada juga yang bilang lingkungan di sekitar daerahku kotor, mungkin ada juga yang mengatakan bahwa lingkungan disekitar rumahku banyak sampah, baunya sedap (bau sampah busuk), ataupun ada yang bilang lingkungan di daerahku gersang, pohon-pohon sangat sedikit, dan masih banyak lagi yang lain. Ataukah disekitar tempat anda tinggal bisa menjumpai seperti gambar ini:


hutan hijau
Lingkungan hutan yang hijau


                Sedikit penjelasan tentang judul tulisan yang akan  kita bahas nanti, yaitu tentang “menghijaukan lingkungan”, apa sih pengertian menghijaukan lingkungan / penghijauan lingkungan. Apa mungkin keadaan lingkungan yang ada disekitar kita dicat dan diwarnai dengan warna hijau semua (kalau dalam bahasa Inggris disebut ‘Green’). He.he.he. ya jelas pengertian itu salah!. Okey, jika menurut saya pengertian menghijaukan lingkungan adalah suatu upaya yang dilakukan agar lingkungan menjadi hijau, contohnya: melakukan penanaman banyak pohon secara massal / reboisasi, membersihkan lingkungan dari sampah yang berserakan, dan menghindari pencemaran entah pencemaran udara, air, maupun tanah. Itu pedapat saya ( maklum pendapatku kurang bagus, karena aku tidak begitu pintar tentang pelajaran seperti ini ). Mungkin anda berpendapat lain?

Lingkungan hijau
Contoh lingkungan hijau


Pada paragraf sebelumnya kita telah tahu tentang apa itu menghijaukan  lingkungan, sesuai dengan judul tulisan diatas bahwa menghijaukan lingkungan yang kita lakukan itu bukan hanya untuk kepentingan kita sendiri, tetapi juga kepentingan bersama/ semua. Untuk menjaga kebersihan lingkungan kita harus ada kesadaran dimasing-masing individu. Contohnya jika dilingkungan kita setiap bulan mengadakan bersih-bersih, tetapi mengapa walaupun kita membersihkan tiap bulan secara rutin, masih banyak sampah yang muncul, bahkan munculnya ada dipinggir jalan, yang dengan mudah kita temui? Ya, itu merupakan pertanda jika bahwa tiap individu belum mempunyai jiwa kesadaran tentang lingkungan.Jika misalnya saja orang-orang sudah sadar akan menjaga kebersihan lingkungan, maka sampah-sampah yang berserakan dapat diminimalisir, bahkan tidak ada sampah lagi yang berserakan. Sebagai contoh lagi, misalnya tiap keluarga membuang sampah secara sembarangan disungai dan mengakibatkan banjir karena aliran air sungai “mampet” atau tersendat, maka yang terkena kebanjiran bukan cuma keluarga yang membuang sampah itu, tetapi semua keluarga lain yang ada disekitarnya juga terkena banjir walaupun tidak membuang sampah sembarangan. Itulah sebabnya bahwa menghijaukan lingkungan dan merawat serta menjaga lingkungan itu bukan cuma untuk kepentingan sendiri, tetapi juga kepentingan bersama.

 Salam, ayo kita semua jaga lingkungan kita supaya terjag kebersihannya, dan tentunya menjadi “Green, Clean and Cool environmentmake a better place. Ok. Terima kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...